Kamis, 02 Mei 2013

Bahasa Indonesia Jiwaku, Bahasa Inggris Tubuhku




Hal itu diungkapkan mahasiswa semester 6 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) bernama Nicky Vidia Marlyne yang disapa Nicky.
Nicky sangat menyukai  bahasa Inggris meskipun  sedang menjalani proses jenjang  pendidikan S1 bahasa Indonesia. “bahasa Indonesia memang jurusan saya, tapi tidak ada salahnya saya juga mempelajari bahasa asing agar bisa menguasai banyak bahasa,” Ungkap Nicky. Untuk berlatih menggunakan bahasa Inggris, Nicky mencoba berkomunikasi dengan turis asing, tamu ayahnya yang bekerja sebagai pemandu wisata.
“Kebetulan orangtua saya bekerja sebagai pemandu wisata, jadi dari situlah saya mencoba-coba berbicara bahasa Inggris sesuai dengan kemampuan yang saya miliki,” Ungkapnya lagi. Nicky pernah menjadi Interrogator (penanya atau pemeriksa) di salah satu tempat bimbel bahasa Inggris yang ada di Kota Tanjungpinang. Ia merasa senang karena ia disejajarkan menjadi interrogator bersama salah satu dosen UMRAH.
Tidak semua orang bisa berbicara bahasa Inggiris, namun gadis manis berjilbab ini tetap belajar dan berambisi untuk bisa berbicara bahasa Inggris. Nicky yang memiliki tiga bersaudara ini mau berbagi ilmu dengan adik-adiknya serta teman-temannya yang ingin belajar berbicara bahasa Inggris. ”Ilmu itu jangan hanya ditanamkan didiri sendiri saja, tetapi sangat bermanfaat jika berbagi dengan orang lain,” Ujar Nicky.
Banyak orang yang mengatakan bahwa bahasa Indonesia itu sangat mudah dibandingkan bahasa Inggris. Namun, gadis berumur 20 tahun ini tidak setuju dengan hal tersebut. Ia berpendapat bahwa tidak semudah itu untuk mengatakan kalau bahasa Indonesia itu mudah. Masih banyak hal yang harus dipelajari dalam bahasa Indonesia. Bagi Nicky antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris itu suatu hal yang ada dalam dirinya. “bahasa Indonesia jiwaku, dan bahasa Inggris adalah tubuhku,” ungkap Nicky.
Tidak hanya berbicara bahasa Inggris saja yang ia sukai, berfoto-foto juga termasuk hal yang ia senangi seperti remaja pada umumnya. Bagi Nicky foto-foto itu merupakan peristiwa yang tidak boleh terlewatkan karena dapat menjadi kenang-kenangan. Seni rupa juga ia senangi dengan mengedit foto-foto agar kelihatan lebih indah dan menarik. Diantara hal-hal yang ia senangi, tetap saja belajar bahasa Inggris yang diutamakan dan dinomor satukan.
Bahasa Inggris itu sangat mudah dan enak jika dilakukan terus-menerus. Jangan pernah merasa malu untuk berbicara bahasa inggris, percaya diri harus ditanamkan agar apa yang dilakukan berjalan dengan baik. Bahasa inggris juga bukan momok yang harus ditakuti, tapi harus disenangi dengan adanya niat untuk belajar dan terus belajar.(Yufi Adelia)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar