Jumat, 10 Mei 2013

Mau Yang Berbeda, Kopi Hawaii Jawabannya

Mesin Penggiling Biji Kopi

Kedai sederhana yang dibangun sejak tahun 1983 terlihat ramai pengunjung yang datang silih berganti. Bangunan yang terbuat dari kayu ini tidak pernah sepi pengunjungnya, pasti ada saja yang datang ke kedai kopi tersebut. Kedai kopi hawaii namanya, yang terletak di Jalan Pasar Berdikari Nomor 117 Kijang. Nama hawaii dibuat karena dahulu ditempat tersebut sering terjadi banjir. Banyak air yang tergenang di depan kedai tersebut. Karena peristiwa itu sering terjadi, maka pemilik kedai membuat nama kedainya menjadi kedai kopi hawaii.
Awal mendengar nama kopi hawaii, banyak orang berfikiran bahwa kopi hawaii adalah kopi yang berasal dari hawaii. Menu yang tersedia di kedai kopi ini sama saja seperti menu di kedai-kedai kopi pada umumnya. Tetapi ada hal yang membuat kedai kopi ini berbeda. Mereka mengolah sendiri biji kopi yang berasal dari jambi menjadi serbuk kopi yang halus. Cara penyajiannya juga berbeda, mereka menggunakan saringan halus sehingga kopi yang diminum tidak  sedikitpun memiliki ampas dalam gelas.
Suasana Dapur  Kedai Kopi Hawaii
Tidak hanya masyarakat kalangan menengah kebawah saja yang minum di kedai kopi ini. Kalangan menengah ke atasnpun selalu minum di kedai kopi ini. Satu diantaranya yaitu Bupati Bintan Ansar Ahmad dalam hal ini juga memberikan penghargaan kepada kedai kopi sebagai kedai yang tepat waktu dalam membayar pajak.
Bangunan tua yang ramai pengunjungnya buka dari pukul 07.00 – 16.00 WIB. Dulu kedai kopi ini dipimpin oleh orangtua Atiate. Namun sekarang Atiate yang mengambil alih semuanya. “Saya ganti bapak saya, karena beliau sudah terlalu tua,”ujar Atiate(52). Meskipun orangtua Atiate sudah tua, tetapi Ibunya masih bekerja untuk pengolah biji kopi menjadi serbuk kopi halus.
Lokasi Kedai Kopi Hawaii
“Kopinya beda sama yang lain, lebih terasa dan puas untuk dinikmati. Kopi disini juga bikin saya ketagihan pengen minum setiap hari,”kata pencinta kopi di Kedai kopi hawaii , Miki(35). Harga kopi di kedai ini terjangkau. Mulai dari harga Rp 4 ribu sampai Rp 15 ribu. Kopi bisa dibawa pulang dengan menggunakan kaleng maupun botol sesuai dengan permintaan pembeli.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar